Berada di Jalur Utama, Puskesmas Sidorejo Lor Siap Siaga

Puskesmas Sidorejo Lor meningkatkan kesiagaan selama periode lebaran. (Foto: salatiga.go.id)

Sidorejo Lor – Letaknya yang berada di jalur utama arus mudik membuat pihak Puskesmas Sidorejo Lor, Kota Salatiga meningkatkan kesiapsiagaan. Hal ini dilakukan demi melayani masyarakat dan pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan saat melintasi Kota Salatiga.

Hal ini dibenarkan oleh Dokter Poli Umum Andreas Sulistyo, terutama mengenai pananganan pertama korban kecelakaan lalu lintas. Ia mengatakan, jarak tempuh puskesmas dengan rumah sakit terdekat hanya sekira lima menit. Jika ada pasien yang perlu dirujuk, maka akan segera dibawa ke rumah sakit.

Pihak puskesmas pun telah menyiapkan peralatan IGD, termasuk ambulans untuk membawa pasien yang perlu dilarikan ke rumah sakit.

Selain itu, pihak puskesmas juga telah meningkatkan koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk Palang Merah Indonesia (PMI) terkait ketersediaan darah, sehingga bisa menghindari adanya kekurangan dalam kebutuhan darah pasien.

“Semua itu kami lakukan sebagai upaya pelayanan yang terbaik bagi pasien,” ujar Andreas, Kamis (23/5/2019).

Lanjut Andreas, pihaknya juga belajar berdasarkan pengalaman tahun lalu. Usai lebaran tahun lalu, pasien cenderung mengalami peningkatan, terutama yang mengeluhkan masalah diare. Untuk tahun ini, pihak puskesmas pun telah menyiapkan obat-obatan yang banyak digunakan.

Siaga 24 Jam

Secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga Siti Zuraidah menuturkan, puskesmas yang terletak di jalur utama ini akan dioperasionalkan 24 jam selama arus mudik dan arus balik lebaran. Pelayanan yang diberikan selama 24 jam tersebut secara umum sama sebagaimana hari biasanya.

“Kami siap memberikan pelayanan terbaik. Kami juga telah menyiapkan tim untuk menangani kejadian luar biasa,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan menyiagakan tim medis terdiri dari dokter, paramedis, dan supir ambulans di sejumlah puskesmas yang tidak buka 24 jam serta menyiagakan tim medis dan para medis di pos keamanan lebaran, bergabung dengan kepolisian dan aparat lainnya.

Add Comment