Genjot Prestasi Atlet, Diaspora Luncurkan PPLOPD

Penyerahan hadiah kepada salah satu atlet berprestasi. (Foto: humassetdasala3/instagram)

Salatiga – Guna meningkatkan prestasi olahraga dan akademik atlet pelajar, Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) meluncurkan program Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLOPD). Program PPLOPD tersebut diresmikan oleh Kepala Dispora Joko Haryono di Sekretariat PPLOPD, Jalan Veteran No. 45 Salatiga, Kamis (16/5/2019).

Kepala Dispora menjelaskan, program pembibitan atlet yang dulunya berada di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), sejak setahun yang lalu diambil alih oleh Dispora Kota Salatiga.

Awalnya, waktu yang tersedia untuk pemusatan latihan (Training center) dan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) atau Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) sangat terbatas, hanya sekitar satu bulan. “Karenanya Dispora perlu mengatasi hal tersebut dengan meluncurkan PPLOPD sekaligus sebagai usaha pembibitan atlet junior,” urai Joko dalam situs resmi Pemkot Salatiga.

Ia berharap agar prestasi atlet pelajar dapat lebih ditingkatkan dengan adanya PPLOPD. Joko juga menegaskan bahwa harus ada perbedaan antara atlet yang dibina di PPLOPD dan atlet yang non PPLOPD. “Saya harap agar peserta PPLOPD sebanyak 40 atlet dari 6 cabang ini berlatih dengan sungguh-sungguh. Sistem promosi dan degradasi akan diberlakukan dalam evaluasi PPLOPD,” lanjutnya.

Senada dengan Kepala Dispora, Kabid Muh Adrik Shudiro dalam laporannya selaku ketua panitia kegiatan menjelaskan, atlet PPLOPD terdiri dari atlet junior berusia 13-15 tahun dari 6 cabang olahraga antara lain: atletik 7 atlet, taekwondo 8 atlet, karate 10 atlet, pencak silat 8 orang, panahan 5 atlet, dan judo 2 atlet.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan pula penghargaan insan berprestasi berupa uang pembinaan Rp.1.000.000 yang diberikan kepada Bintang Rendra Nada Guitara atlet Karate Peraih medali emas cabor Karate POPDA SMP 2019, dan Rieke Febrianti peraih medali emas Atletik 3000 M dan 800 M.

Menandai peresmian PPLOPD, Kepala Dispora memberikan potongan tumpeng kepada atlet PPLOPD termuda Tatas Safitri (13), dan Ketua KONI Kota Salatiga Dance Ishak Palit. Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain 40 atlet beserta pelatih dan juga pengurus KONI Kota Salatiga.

Add Comment