Optimalkan Penggunaan Salatiga Web, Diskominfo Adakan Sosialisasi kepada OPD

Diskominfo Kota Salatiga menggelar sosialisasi aplikasi Salatiga Web kepada OPD se-Kota Salatiga untuk mengoptimalkan penggunaan situs web masing-masing OPD. (Foto: diskominfo.salatiga.go.id)

Salatiga – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Salatiga menggelar sosialiasi aplikasi Salatiga Web kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Salatiga, Rabu (8/5/2019). Acara yang diadakan di ruang rapat Kalitaman Sekretariat Daerah (Setda) Kota Salatiga tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan situs web masing-masing OPD sebagai sarana publikasi informasi kepada masyarakat.

Acara diisi langsung oleh Thariq Akbar Tuhuwikan selaku pranata komputer bidang aplikasi dan informatika Diskominfo Salatiga. Thariq memberikan contoh cara menggunakan aplikasi Salatiga Web (web.salatiga.go.id) dan kemudian diikuti oleh para peserta melalui akun staf teknis masing-masing OPD.

Kepala Seksi Sistem Informasi Diskominfo Salatiga Fara Mustofa mengatakan, aplikasi tersebut nantinya digunakan untuk melakukan monitoring dan evaluasi situs web OPD secara online. “Staf teknis pengelola situs web OPD diwajibkan mengunggah laporan pada aplikasi Salatiga Web setiap bulan,” tuturnya dalam laman resmi Diskominfo Kota Salatiga.

Monitoring dan evaluasi, lanjut Fara, akan dilakukan secara berkala oleh Tim Monev Website dari Diskominfo Kota Salatiga. Monitoring dan evaluasi ini berpedoman pada obyek monitoring yang telah ditentukan dan unggahan laporan. Setiap obyek monitoring dan laporan merupakan variabel penilaian sebagai indikator rating situs web masing-masing OPD.

“Harapannya setelah diadakannya kegiatan ini setiap perangkat daerah Pemerintah Kota Salatiga dapat meningkatkan pemanfaatan fitur situs web sesuai dengan obyek monitoring yang telah ditentukan, agar masyarakat dapat dengan mudah mengakses dan mendapatkan informasi pembangunan dan pemerintahan dengan cepat,” harap Fara.

Add Comment