Mencicipi Kesegaran Es Kesambi, Kuliner Legendaris di Kota Salatiga

Es kesambi sebagai menu andalan di kedai Es Kesambi 4 Salatiga. (Foto: salatiganostalgia/instagram)

Sidomukti – Tahukah Anda, selain dikenal sebagai Kota Toleran, Salatiga ternyata juga menyimpan segudang kuliner legendaris di setiap sudutnya, loh. Salah satunya adalah es kesambi, yang terletak di bilangan Jalan Kesambi nomor 4 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga. Biarpun udaranya sejuk, tapi minum es yang satu ini tidak boleh dilewatkan saat mampir ke Salatiga.

Kedai es yang sudah ada sejak tahun 1948 ini memang terkenal akan kesegarannya. Deretan toples berisi bahan es yang dipajang di etalase menjadi ciri khas kedai. Ada bermacam buah sepeti potongan pepaya, nanas, melon, belimbing, kelapa muda, leci, cincau, potongan roti tawar, manisan kolang-kaling, dawet, tape, ketan, puding, dan masih banyak lagi, dijamin membuat siapapun yang lewat menelan ludah begitu melihatnya.

Saat masuk kedai, kita akan langsung disuguhi oleh kesan vintage di dalamnya. Mulai dari lantai hingga style interiornya terkesan lawas namun berkelas. Keunikan kedai juga terletak pada dinding, yang memajang deretan kalender di tahun yang sama. Dan, yang terpenting, kebersihan serta kerapihan kedai juga tidak bisa diragukan.

Kendati tempatnya tidak terlalu besar, namun ada sekitar 88 pilihan es dan minuman yang siap menyegarkan tenggorokan Anda. Dan yang paling menjadi andalan adalah es kesambi, yang terdiri dari puding, agar-agar, cendol putih, cendol hijau, kelapa muda, pepaya, potongan roti, selasih, es serut dan sirup vanila yang diguyur taburan meses dalam sepiring porsi besar. Anda cukup membawa uang Rp 25 ribu untuk menikmati kesegaran es fenomenal ini.

Salah satu pengunjung, Atta, mengaku bahwa setelah hampir setahun tinggal di Kota Salatiga, ia akhirnya bisa menyambangi kedai es legendaris itu. Ia sebenarnya sudah lama penasaran dengan deretan toples yang berjejer rapi itu. Hingga akhirnya datang langsung ke tempat, dan rasa penasaran terbayar sudah.

“Tahu es ini dari selebaran yang dibagi di angkot. Kalau mau main ke kota naik angkot juga pasti ngelewatin kedai ini,” tuturnya.

Meskipun hanya sempat mencicipi es kesambi dan es campur, tapi Atta merasa cukup puas dengan kuliner di Jalan Kesambi ini. “Rasanya endeus dan pas. Enggak kemanisan kayak es buah atau es campur lainnya,” akunya.

Tidak hanya menyediakan menu es, kedai Es Kesambi 4 juga menyajikan beragam makanan ringan seperti tahu pong, tahu bakso, berbagai gorengan, dan martabak mini. Makanan berat juga bisa Anda nikmati di sini seperti gado-gado, mie acar, dan tahu lontong. Baik menu makanan ringan maupun berat sangat cocok dipadukan dengan kesegaran es di kedai ini, teutama es kesambi sebagai menu andalan.

Bagaimana? Tertarik plesir ke Salatiga? Kalau iya, tidak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke kedai Es Kesambi 4, yang sudah menjadi bagian kuliner tak terpisahkan di Kota Toleran.

Add Comment