Rektor IAIN Salatiga Pesan Agar Lulusan Miliki Karakter Baik

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga Prof Dr Zakiyuddin berpesan agar lulusan IAIN Salatiga memiliki karakter yang baik. (Foto: IAIN Salatiga)

Sidorejo – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga Prof Dr Zakiyuddin berpesan agar lulusan IAIN Salatiga memiliki karakter yang baik. Pesan tersebut disampaikan dalam prosesi wisuda IX IAIN Salatiga dengan jumlah 469 lulusan sarjana dan magister.

“Saya berbahagia mewakili jajaran pimpinan karena wisudawan kali ini generasi milenial. Namun ada juga generasi ‘kolonial’ yang berusia hampir pensiun masih begitu semangat mengejar ilmu pengetahuan menyelesaikan S-2 bahkan S-3,” kata Rektor, Sabtu (15/6).

Dikatakannya, 10 hingga 15 tahun lagi generasi milenial akan menjadi pemimpin bangsa. Pada tahun ini generasi produktif lebih besar, yakni pada rentang 2030-2045. Karena itu, sebagai bentuk antisipasi kemajuan zaman, lulusan setidaknya perlu memiliki empat hal yakni critical thinking atau berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif.

“Siapapun yang memiliki keempat hal ini akan memimpin masa depan. Harapannya, ke depan alumni IAIN Salatiga semakin meningkat kualitas dan kuantitasnya,” jelasnya.

Wisuda IX kali ini meluluskan 31 mahasiswa Pascasarjana, 269 mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, 36 mahasiswa Fakultas Syariah, 9 mahasiswa Fakultas Dakwah, 20 mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora dan 104 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Tercatat wisudawan terbaik atas nama Nurul Maghfiroh, mahasiswi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) / Tadris Ilmu Pengetahuan Alam dengan Indeks Prestasi Komulatif 3.90. Nurul juga tercatat pernah terpilih sebagai Best Presenter for Parallel Session di Open University Negeri Sembilan Malaysia pada Oktober 2018.

Pembekalan Karir Lulusan

Rektor mengatakan, sebagai institusi pendidikan, IAIN Salatiga bertanggung jawab mempersiapkan peserta didik memiliki kemampuan merespons masa kini dan mengantisipasi masa depan. Pendidikan karakter adalah sesuatu yang tidak tertolak, harus ada.

“Pinter tanpa karakter bisa keblinger. Karena karakter itu penting,” ungkapnya.

Upaya mempersiapkan alumni dalam menghadapi masa depan tersebut diwujudkan dalam bentuk kegiatan pembekalan karir yang ditujukan untuk calon wisudawan IAIN Salatiga, tentunya dengan menghadirkan narasumber ahli dalam bidang tersebut.

Melalui kegiatan tersebut, calon alumni bisa mengetahui tentang berbagai persiapan untuk melamar pekerjaan seperti bagaimana caranya membuat daftar riwayat hidup, penampilan saat wawancara, dan perihal pertimbangan gaji hingga simulasi wawancara.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama IAIN Salatiga Moh Khusen M.Ag M.A pemberian bekal bagi lulusan IAIN Salatiga sangat penting diupayakan agar mereka siap menghadapi kehidupan di dunia kerja dan kehidupan berumah tangga kelak.

“Saya harap setelah menjadi alumni jangan melupakan lembaga ini. Kiprahnya di masyarakat harus merujuk pada hal-hal yang psoitif,” pesan Wakil Rektor.

Add Comment