FKTP Berprestasi untuk Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Tim penilai dari Dinas Kesehatan Provinsi (Dinkesprov) Jawa Tengah saat meninjau Klinik Sehat, di Jl. Argoboga no. 58, Kelurahan Ledok, Kamis (18/07/2019). (Foto : DKK Salatiga)

Argomulyo – Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) menjadi salah satu pertimbangan masyarakat untuk mendapatkan kualitas dan pelayanan kesehatan. Tim Penilai FKTP Berprestasi Provinsi Jawa Tengah meninjau Klinik Sehat, Kamis (18/7/2019).

Tim penilai terdiri dari Tim Dinas Kesehatan Provinsi (Dinkesprov) Jawa Tengah, dr. Elhamangto Zuhdan, Sadono Wiwoho, Lisa Dianita, dan Tim BPJS Cabang Ungaran, dr. Peni. Elhamangto menyampaikan, peninjauan tersebut untuk melihat dan menilai sejauh mana kesesuaian instrumen yang sudah disampaikan sebelum penilaian dilakukan.

“FKTP yang berkualitas dn berprestasi tentu akan meningkatkan minat masyarakat untuk mengaksesnya. Semoga hari ini bisa memberikan yang terbaik untuk kita semua,” ujar Elhamangto, dikutip dari dinkes.salatiga.go.id.

Pimpinan Klinik Sehat, dr. Errytrina Whismah, menuturkan, penilaian FKTP akan dilakansakan dalam satu hari berupa wawancara dan kunjungan lapangan.

Sebelumnya, Klinik Sehat menerima penghargaan sebagai Juara II FKTP Berprestasi Kota Salatiga. Keunggulan layanan yang diberikan kepada masyarakat adalah pemeriksaan umum, poli gigi, poli kesehatan ibu dan anak (KIA), pelayanan obat, dan telah bekerjasama dengan BPJS, PLN, Telkom, dan Inhealth.

Pelayanan harus jadi Prioritas

Terkait dengan Penghargaan Peringkat I FKTP Berprestasi Nasional Kategori Puskesmas Perkotaan 2018 kepada Puskesmas Kecamatan Koja, Walikota Jakarta Utara, Syamsudin Lologau, menyatakan, penghargaan tersebut tidak lepas dari kerja keras seluruh jajaran aparat sipil negara (ASN) dan masyarakat.

“Ini keberhasilan bukan se-Koja saja, tapi keberhasilan kolektif se-Jakarta Utara. Jadi mungkin barangkali, sekali lagi saya sampaikan terima kasih kepada seluruh aparat atas prestasi ini,” ungkap Syamsudin.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ani Khafifah menyampaikan, pihaknya terus mendorong peningkatan pelayanan kesehatan agar sesuai standar mutu yang baik.

“Kita dorong semuanya. Kita benaji semua prasarana, SDM, fasilitas, kemudian untuk kita ikuti lomba di Kemenkes. Kuncinya adalah komitmen, semangat, kemudian produktivitas,” ujar Ani.

Ani meminta, kepada pemenang penghargaan untuk mempertahankan prestasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga apa yang sudah diraih bisa menjadi motivasi bagi puskesmas lain.

Add Comment