Perpusda Pamerkan Buku Konten Lokal Salatiga

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga Slamet Setyo Budi, SE., M.Acc membuka acara pameran buku konten lokal 2019 (foto: persipda salatiga/facebook)

Sidorejo – Pengetahuan masyarakat akan keberadaan karya dari penerbit dan penulis Salatiga serta tulisan atau karya tentang Kota Salatiga sangatlah minim. Karena itu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinpersip) Kota Salatiga menyelenggarakan Pameran Buku Konten Lokal dan Festival Literasi Salatiga. Di dalamnya dipamerkan berbagai karya penerbit dan penulis Salatiga serta tulisan atau karya tentang Kota Salatiga baik dalam bentuk buku maupun non-buku. Tahun ini pameran buku konten lokal dimeriahkan dengan festival literasi Salatiga dan bazar buku Gramedia.

Seiring dengan makin bertambahnya penulis serta perkembangan karya konten lokal Salatiga, pameran buku konten lokal menjadi salah satu kegiatan yang menjadi agenda tahunan Dinpersip Salatiga. Kegiatan ini mengambil tema “Membaca Salatiga Jilid IV” dan berlangsung sejak hari Kamis, Juli sampai dengan hari Kamis, 18 Juli 2019 bertempat di halaman Dinpersip Salatiga.

Sedangkan untuk Festival Literasi Salatiga mengambil tema “Menghidupkan Literasi untuk Kesejahteraan Bersama”, dengan ini diharapkan masyarakat Kota Salatiga dapat lebih cerdas dan sejahtera. Dalam festival literasi ini terdapat beberapa kegiatan seperti diantaranya lomba puisi, lomba mendongen, lomba menulis, workshop membatik, workshop craft, workshop pantomin dan lain sebagainya.

Tingkatkan Kualitas Konten Lokal

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga Slamet Setyo Budi, SE., M.Acc mengatakan bahwa Kegiatan pameran ini adalah momentum yang penting untuk mengenalkan dan mempromosikan koleksi konten lokal perpustakaan dan terbitan lokal. Konten yang dihasilkan oleh penerbit, penulis atau konten tentang salatiga masih jarang diketahui oleh masyarakat Salatiga sendiri. Dengan adanya pameran ini diharapkan dapat menjadi ajang promosi bagi penerbit maupun penulis Salatiga.

“Saya begitu gembira karena kegiatan pameran dan festival literasi pada tahun ini semakin banyak pihak yang berpartisipasi. Pendukung kegiatan ini sekarang berjumlah 37 pihak, dan mungkin masih bisa bertambah lagi, yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah baik di lingkungan Pemkot Salatiga ataupun dari Instansi Vertikal, Instusi Perpustakaan, Penerbit Swasta, Sekolah, Organisasi, LSM, Komunitas dan perorangan. Hal ini menunjukkan bahwa Kota Salatiga memiliki potensi yang besar dalam ikut mengembangkan bidang penerbitan, literasi, dan kepustakawanan baik di Salatiga, tingkat nasional, ataupun berkontribusi lebih lanjut di dunia internasional” tutur Slamet.

Koleksi konten lokal adalah sebuah kekayaan yang tak ternilai harganya, dengan adanya pameran ini diharapkan penerbit dan penulis Salatiga lebih terjalin silaturahmi dan komunikasi guna memperkuat koleksi konten lokal di Kota Salatiga.

Dinpersip sebagai institusi perpustakaan diharapkan dapat menjadi pelopor dalam pendokumentasian dan pelestarian bibliografi di area lokal Salatiga, untuk kepentingan informasi, pendidikan, penelitian serta rekreasi masyarakat. Peningkatan kualitas konten lokal secara khusus perlu dipikirkan, didiskusikan, serta diwujudkan untuk merawat kekayaan koleksi konten lokal yang nantinya digunakan untuk referensi pembelajaran masyarakat Salatiga.

Add Comment