Walikota Salatiga doakan Keselamatan Para Calon Haji

Walikota Salatiga, Yulianto, menyalami para calon jamaah haji di acara Pamitan Haji, Selasa (16/7/2019) di Ruang Kaloka Gedung Sekretaris Daerah Kota Salatiga. (Foto : Pemkot Salatiga)

Sidomukti – Menjelang keiberangkatan haji 1440H/2019, Walikota Salatiga, Yulianto, sampaikan ucapan selamat kepada 196 Calon Jamaah Haji. Ia juga mendoakan agar Allah SWT meridhoi perjalananpara jamaah haji, serta memuliakannya menjadi haji mabrur.

Pamitan Haji diadakan di Ruang Kaloka Gedung Sekretaris Daerah Kota Salatiga, Selasa (16/7/2019). Dihadiri pula oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Salatiga, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), serta camat dan lurah di Kota Salatiga.

Dalam sambutannya, Yulianto mengatakan bahwa ibadah haji, selain menjadi rukun Islam kelima, juga menjadi pintu gerbang menuju ibadah dan pembinaan kesalehan sosial. Menurutnya, haji mabrur adalah haji yang tidak peduli simbol-simbol budaya pencitraan dan individual, namun dorongan meningkatkan kualitas kemanusiaan secara individu sosial.

“Haji bukanlah suatu gengsi maupun prestasi sosial, melainkan bagaimana meningkatkan kualitas kemanusiaan seutuhnya,” ujar Yulianto, seperti dilansir dari salatiga.go.id.

Selain itu, Yulianto juga berpesan agar petugas atau pembimbing agar bersikap dan bertindak proaktif dalam melayani jamaah haji. Dengan cara demikian, maka akan tercipta suasana yang kondusif.

“Laksanakan tugas dengan ikhlas, ramah, dan sopan serta penuh tanggung jawab sehingga jamaah calon haji dapat melaksanakan ibadah dengan lancar,” lanjutnya.

Menurut laporan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Salatiga, Nurudin, 196 Calon Haji tersebut sudah termasuk 3 orang tim pemandu haji daerah (TPHD), yaitu KH. Nashir Asy’ari, KH. Muh Imron al-Hasbi, dan dr. Endang Sri Artati.

Calon jamaah haji tahun ini terdiri dari 90 laki-laki dan 106 perempuan, dengan peserta tertua adalah Harjo Ngadimin Maduri (98) dan peserta termuda, Adib Faizal Helmi (25).

Adapun jadwal keberangkatan calon jamaah kloter 81 (190 orang) akan dilepas oleh Yulianto, Selasa 30 Juli mendatang, pukul 05.00, dan tiba di Asrama Haji Donohudan pukul 08.00. Sementara kloter sapu jagad (6 orang) lainnya akan berangkat pada Minggu 4 Agustus pukul 06.00.

Add Comment