BKDiklatda Salatiga Beri Pembekalan Wirausaha kepada Calon Pensiunan

Kepala BKDiklatda Kota Salatiga, Muthoid, saat memberikan sambutan pada acara pembekalan kewirausahaan calon pensiunan di Aula BKDiklatda, Senin (12/11/2019). (Foto: BKDiklatda Kota Salatiga).

Sidomukti – Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKDiklatda) Kota Salatiga mengaadakan Pembekalan Pensiun dan Pelatihan Kewirausahaan bagi 40 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memasuki masa pensiun 2019-2020, di Aula BKDiklatda, Senin (12/11/2019). Wakil Walikota Salatia, Muh Haris, menyampaikan, peserta pensiun harus menyambut masa pensiun dengan senang hati.

“Mari sambut masa pensiun dengan hati yang lapang dan gembira, karena Anda semua bisa fokus untuk keluarga. Kita harus siap dalam tiga hal. Siap secara spiritual dengan dekat kepada Allah SWT, siap secara psikologis dengan menyiapkan agar hati senantiasa gembira, dan siap secara skill, yaitu menambah kemampuan diri untuk tetap produktif di bidang yang disukai,” terang Muh Haris.

Bersumber dari situs resmi BKDiklatda Kota Salatiga, cara tersebut dilaksanakan Senin-Jumat (18-22/11/2019) di Yogyakarta dan sekitarnya. Materi selama kegiatan tersebut adalah Motivasi Spiritual dan Motivasi Bisnis dan Keuangan dari Lembaga Pendidikan Antusias Semarang, Organisasi Kemasyarakatan oleh Tim Penggerak PKK Kota Salatiga, serta Pelatihan Wirausaha dari Jogja Farm dan Bakpia Sari Rasa 101.

Kepala BKDiklatda, Muthoin, menjelaskan, tujuan pelatihan tersebut untuk menyiapkan calon pensiunan untuk mengembangkan potensi diri dan terus mengabdikan diri kepada negara di luar profesi PNS.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan dan Mutasi, Siti Khotijah, menambahkan, kegiatan tersebut adalah bentuk apresiasi Pemerintah Kota Salatiga atas pengabdian PNS yang akan purna tugas. “Meskipun PNS telah mendapatkan perlindungan kesinambungan penghasilan, namun pembekalan pensiun penting dilaksanakan. Masih ada PNS yang merasa cemas karena pada masa pensiun akan mengalami beberapa perubahan. Diharapkan pedengan diperolehnya materi selama pembekalan maka PNS yang purna tugas nantinya bisa mandiri dan tetap produktif,” jelasnya.

Pensiunan Harus Tetap Percaya Diri

Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Sekjen Kemenkumham), Bambang Rantam Sariwanto, berpendapat, PNS dipercaya masyarakat sebagai sosok berpengetahuan dan memiliki kemampuan di bidang penyelenggaraan pemerintahaan dan pembangunan sosial kemasyarakatan. Hal tersebut ia ungkapkan dalam sambutannya pada acara pembekalan PNS yang akan purna tugas dari Kemenkumham Jawa Tengah (Jateng), Kamis (28/02/2019).

“Saya mengajak seluruh pegawai PNS yang akan pensiun untuk tidak pernah kehilangan kepercayaan, tetap semangat dan terus meningkatkan produktivitas. Yakinlah masyarakat masih sangat mengharapkan peran aktif saudara,” ujarnya, dikutip dari situs resmi Kemenkumham RI.

Bambang menambahkan, pensiun adalah bentuk hormat dan penghargaan dari pemerintah kepada PNS yang telah mengabdi untuk masyarakat, bangsa, dan negara. “Pensiun bukan berarti masa pengabdian telah selesai, akan tetapi pensiun merupakan awal dimulainya pengabdian dalam bentuk dan lingkungan yang berbeda,” imbuhnya..

Kepala Biro Kepegawaian Kemenkumham Jateng, Arifin, menyampaikan, pihaknya terus melakukan upaya perubahan dalam kegiatan pembekalan calon pensiunan agar lebih implementatif sebagai sarana menjalin silaturahmi para purnabhakti. Selain pertemuan dengan Sekjen Kemenkumham, kegiatan tersebut juga menghadirikan pemateria dari PT. Taspen, Bank BNI, dan PT. Mulia Visitama Indonesia.

“Tujuan kegiatan ini adalah terwujudnya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang profesional dan berkualitas,” terang Arifin.

Add Comment