Salatiga Gelar Workshop PPID

Diskusi panel dalam workshop PPID Salatiga./DISKOMINFO.SALATIGA.GO.ID

Salatiga– Kemajuan teknologi informasi yang berkembang begitu pesat membuat banyak hal berjalan begitu cepat. Tuntutan zaman yang demikian adanya membuat banyak orang tidak mau menunggu lebih lama untuk mengakses sesuatu terutama dalam hal informasi. Di sisi yang lain informasi yang beredar dan diperoleh dengan mudah itu justru sering menimbulkan kekeliruan sehingga diragukan kebenarannya.

Validasi informasi menjadi hal yang tidak kalah penting selain informasi itu sendiri. Informasi yang sudah terlanjur beredar dapat dengan mudah berkembang dan sampai ke banyak orang, tetapi apabila ada kekeliruan sangat sulit untuk dikendalikan. Oleh karena itu menjadi sangat penting bagi hadirnya informasi yang berkualitas bagi para penyedia informasi terlebih pada informasi publik.

Keterbukaan informasi publik sejatinya menjadi hak yang dapat dinikmati publik manakala membutuhkan akses informasi terutama menyangkut bidang yang berkaitan dengan sektor publik. Gerak informasi yang disajikan melalui media sosial dan website dari institusi publik justru melambat dan kurang dapat menyesuaikan perkembangan zaman.

Terlihat beberapa sektor institusi publik tidak mampu menghadirkan kanal informasi yang memadai. Pengelolaan media sosial ataupun website resmi lembaga pemerintah justru tidak update terhadap kegiatan, kebijakan ataupun program kerja lembaga. Justru media di luar institusi publik yang memberikan informasi dengan mengabarkannya kepada masyarakat umum.

Kehadiran teknologi yang begitu massif berkembang utamanya di bidang informasi dan komunikasi seharusnya dapat dimanfaatkan lebih baik oleh seluruh lembaga/badan pemerintah di semua level, baik di tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, dinas pemerintah, bahkan hingga pemerintah pusat. Jelas tidak dapat dipungkiri sering dijumpai akses pelayanan publik melalui kanal media informasi seperti website masih belum berjalan dengan baik.

Pemerintah Kota Salatiga menyadari betapa pentingnya publik akan akses informasi yang memadai yang dapat disediakan pemerintah. Bertempat di Ballroom Arcadia Hotel Alana Karanganyar diselenggarakan workshop Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Salatiga selama tiga hari mulai 14-16 Maret 2022. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Salatiga tersebut dibuka secara resmi oleh Wali Kota Salatiga, Yulianto, S.E., M.M.

Rangkaian acara dimulai dengan dialog Penguatan Kelembagaan PPID oleh Wali Kota Salatiga, Sekretaris Daerah Kota Salatiga, Ir. Wuri Pujiastuti, M.M., dan Ketua Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Tengah, Drs. Sosiawan. Jalannya dialog dipandu oleh Dra. Sri Satuti, M.M., selaku Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Salatiga.

Tema yang diangkat dalam workshop PPID kali ini adalah “Pemanfaatan media sosial dan media elektronik sebagai sarana komunikasi publik dalam rangka meningkatkan keterbukaan informasi publik”. Dengan tema tersebut dimaksudkan agar keterbukaan informasi publik dapat dijalankan dan dikelola dengan lebih baik serta lebih cepat di antaranya melalui pemanfaatan media sosial dan media elektronik.

Pemanfaatan media sosial dan media elektronik menjadi cara baru dalam melakukan komunikasi publik. Segala informasi yang dibutuhkan publik terhadap pemerintah ataupun sebaliknya pemerintah berkepentingan menyampaikan informasi kepada publik akan lebih efektif dengan menggunakan media sosial dan media elektronik.

Tujuan digelarnya workshop tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas penyelenggara pemerintahan di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar dapat memberikan pelayanan informasi publik yang lebih baik. Selain itu diharapkan juga dapat memberikan layanan informasi yang lebih update kepada masyarakat dan memudahkan akses masyarakat.

Peserta yang ,mengikuti kegiatan tersebut adalah para Sekretaris Dinas, PPID Pelaksana dan admin. Dalam kegiatan tersebut tetap melakukan penerapan protokol kesehatan yang ketat mengingat pandemi yang belum sepenuhnya berakhir.

 

Sumber: https://diskominfo.salatiga.go.id/workshop-ppid-2/

Add Comment