DPRD Salatiga Tinjau Penerima Bantuan Sapi

Komisi B DPRD Salatiga meninjau bantuan sapi./ DPRD-SALATIGAKOTA.GO.ID

Salatiga- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sebagai lembaga legislatif yang ada di daerah sudah menjadi tugasnya untuk melakukan pengawasan terhadap kinerja pemerintah daerah. Kewenangan yang dimiliki DPRD membuat peraturan yang dibuat dan kemudian kebijakan yang dilaksanakan pemerintah daerah harus berjalan sebagaimana aturan dan rancangan kebijakan yang disusun.

Tujuan dari dilakukannya pengawasan oleh lembaga legislatif adalah agar pemerintah (lembaga eksekutif) dapat menjalankan kebijakan sesuai dengan batasan hukum yang ada serta sesuai dengan sasaran dan arah kebijakan yang direncanakan. Memastikan bahwa tidak terjadi penyelewengan atau penyalahgunaan kewenangan dalam mengimplementasikan kebijakan.

Kapasitas kewenangan yang dimiliki dengan fokus kerja yang dimiliki disesuaikan dengan proporsi tugas DPRD. Komisi B DPRD Kota Salatiga yang memiliki kewenangan di bidang ekonomi dan keuangan pada hari Jumat (01/04/2022) menjalankan fungsi pengawasan dengan mengunjungi penerima bantuan ternak sapi yang dialokasikan dari anggaran pemerintah pusat.

Penerima bantuan ternak sapi yang dikunjungi Komisi B DPRD Kota Salatiga ada di Kelurahan Kumpulrejo dan Kelurahan Noborejo Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga. Rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi B DPRD Kota Salatiga yaitu M Miftah bersama anggota Komisi B lainnya turut didampingi oleh jajaran Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Salatiga.

Kunjungan tersebut dimaksudkan kepada pengurus Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) penerima bantuan ternak sapi. Tahun 2021, Kota Salatiga menerima bantuan ternak sapi sebanyak 25 ekor sapi yang terdiri dari 10 ekor sapi perah dan 15 ekor sapi pedaging jenis simental. Bantuan ternak sapi tersebut turun melalui Dana Insentif Daerah (DID) dari pemerintah pusat yang telah disalurkan dan diberikan kepada penerima bantuan pada 28 Juli 2021 yang lalu.

Tugas Pengawasan DPRD

Pengawasan yang dilakukan Komisi B DPRD Kota Salatiga merupakan wujud bentuk tanggung jawab atas kewenangan yang dimiliki lembaga legislatif daerah sesuai dengan bidang tugasnya yaitu bidang ekonomi dan keuangan.

Ketua Komisi B DPRD Kota Salatiga mengatakan bahwa kegiatan kunjungan yang dilakukan dengan mengunjungi penerima bantuan ternak sapi merupakan bentuk implementasi dari fungsi pengawasan yang dilakukan Komisi B terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yaitu Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Salatiga.

“Kita perlu melihat secara langsung bantuan ternak sapi yang diserahkan kepada masyarakat melalui Gapoktan yang ada di kedua Kelurahan tersebut.” kata M Miftah.

Kedua Gapoktan penerima bantuan yang dikunjungi yakni Gapoktan Margo Dadi yang ada di Kelurahan Kumpulrejo yang mendapatkan 10 ekor sapi perah, dan Gapoktan Ngudi Utomo yang ada di Kelurahan Noborejo yang menerima 15 ekor sapi pedaging.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispangtan Kota Salatiga Inna Kartikasari,Spt,MM yang juga turut mendampingi kunjungan rombongan Komisi B tersebut mengatakan bahwa bantuan yang diberikan itu bersifat bantuan bergulir untuk anggota dari Gapoktan penerima bantuan.

“Dalam pengadaan sapi ini, kita memilih bibit sapi yang baik sehingga diharapkan bisa segera dapat beranak dan segera diserahkan kepada anggota kelompok yang lainnya dan kami akan selalu melakukan pendampingan bagi para petani ini.” kata Inna.

Dengan adanya bantuan ternak sapi yang dikelola oleh masing-masing Gapoktan tentunya dapat membantu perekonomian anggota yang nantinya dapat menjadi lebih sejahtera. Secara bergilir indukan sapi yang telah melahirkan akan diserahkan kepada anggota lainnya sampai beranak, dan begitu seterusnya.

Diungkapkan oleh salah satu anggota Gapoktan penerima bantuan yaitu Mahfud yang mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur telah menerima bantuan sapi ini dan berjanji akan memelihara sapi ini supaya bisa berkembang biak dengan baik dan bisa menyejahterakan bagi anggota Gapoktannya.

Sumber: https://dprd-salatigakota.go.id/komisi-b-tinjau-gapoktan-penerima-bantuan-sapi/

Add Comment