Sinoeng Noegroho, Pj Walikota akan Pertahankan Prestasi Salatiga

Sinoeng Noegroho resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Walikota Salatiga. JATENGPROV.GO.ID

Salatiga – Sinoeng Noegroho Rachmadi resmi menjabat sebagai Penjabat (Pj) Walikota Salatiga, setelah sebelumnya dilakukan serah terima jabatan Walikota dan serah terima jabatan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Salatiga, di Ruang Kaloka Gedung Setda lantai 4, Senin (23/05/2022).

Sinoeng sebelumnya menjabat sebagai kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah (Disporapar Prov Jateng) sejak 25 Januari 2019.

Setelah resmi dilantik Gubernur Jateng pada tanggal 22 Mei kemarin, Sinoeng kemudian menggantikan Yuliyanto sebagai Penjabat Kepala Daerah atau penjabat Walikota Salatiga.

Seperti yang diketahui, pasangan Yuliyanto sebagai Walikota Salatiga dan Muh Haris sebagai Wakil Walikota Salatiga periode 2017-2022, masa jabatannya telah berakhir pada 22 Mei 2022.

Dalam kegiatan serah terima jabatan ini, Sinoeng mengatakan akan mempertahankan capaian prestasi yang sebelumnya sudah diraih oleh Walikota dan Wakil Walikota Yuliyanto-Haris. Ia juga meminta dukungan dari DPRD, Tokoh masyarakat, dan seluruh elemen masyarakat untuk membantunya mewujudkan misi ini.

“Ini memang tidak mudah bagi kami selaku Pj untuk mengemban amanah ini. Tapi Insyaallah kita siap untuk mewakafkan pengabdian sebagai Pj sampai dilantiknya walikota dan wakil walikota secara definitif,” kata Sinoeng dalam rilis jatengprov.go.id.

Pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat juga akan ditingkatkan agar semakin maksimal. “Kita akan bergerak bersama. Banyak orang yang mengenal kota Salatiga sebagai kota kecil, tapi ingat justru yang kecil itu mengesankan, banyak memberikan prestasi dan capaian. Justru kecil itu yang memberikan pijakan untuk menjadi besar,” ungkapnya.

Ia juga sudah membuat garis besar haluan sebagai rencana yang nantinya akan direalisasikan selama dirinya menjabat sebagai Pj Salatiga. Garis besar haluan perencanaan pembangunan daerah Kota Salatiga yang telah disusun oleh eksekutif akan dijadikan patokan untuk ke depannya.

“Perencanaan yang sudah ditetapkan sebelum akhir masa jabatan Yuliyanto-Haris, itu yang menjadi acuan saya. Itu menjadi acuan saya untuk menyusun anggaran berikutnya,” ujarnya.

Memberdayakan kreativitas masyarakat juga akan menjadi prioritas Sinoeng untuk menciptakan masyarakat yang produktif dan memiliki daya saing dengan daerah lain. “Intinya akan berpihak kepada pelayanan ke masyarakat, pembangunan dan pemberdayaan. Kita juga akan mendorong Gastronomi yang merupakan bagian dari dunia kreatif” Jelasnya.

Salatiga yang merupakan miniatur kota pelajar, sosiokultural, dan juga kota kuliner akan menjadikannya memiliki daya tarik tersendiri. Potensi ini jika dikembangkan bisa menjadi magnet bagi para wisatawan. Koordinasi untuk kemajuan wisata juga akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Hal ini akan kita kembangkan dan menjadi supporting untuk daerah-daerah sekitar seperti Semarang, Solo, Boyolali, Kendal, dan Kota Magelang untuk bersama-sama mendorong kemajuan dari sektor pariwisata dan ekonomi,” pungkasnya.

Add Comment